Jumaat, 18 April 2014

Keliling dan Luas segitiga

Keliling


   1.  Keliling Segitiga
Perhatikan gambar dibawah ini ! PQR adalah segitiga dengan sisi-sisinya PQ, QR, dan RP. Keliling ∆PQR adalah jumlah panjang sisi-sisinya ∆PQR. Keliling ∆PQR(k) = Panjang PQ + Panjang QR + Panjang RP atau K = PQ+QR+RP atau p+q+r.
     



  







2.  Jajargenjang
Pada gambar disamping, ABCD adalah jajargenjang. Sisi-sisi
Nya adalah AB, BC, CD dan DA. Keliling ABCD=AB+BC +CD+DA. Oleh karena AB=DC dan AD=BC, maka kelilingABCD=2AB+2BC atau
Keliling ABCD=2(AB+CD).



    3. Keliling Persegi Panjang

Pada gambar diatas , ABCD adalah persegi panjang sisi-sisinya adalah AB, BC, CD, dan DA. Keliling ABCD = AB+BC+CD+DA, karena AB=DC dan AD=BC, maka keliling ABCD = 2AB+2BC. Keliling ABCD=2(AB+BC).
Jika keliling disebut K, AB disebut Panjang (p), dan BC disebut Lebar (l), maka K=2(p+l).



    4. Keliling belah ketupat


Pada gambar PQRS diatas adalah gambar belah ketupat, keliling PQRS=PQ+QR+RS+SP, karena PQ=QR=RS=SP, maka kelilis PQRS=5 x PQ. Sisi-sisinya adalah PQ, QR, RS, dan SP. Jika keliling disebut K,PQ disebut s, maka K= 4 x S



   5.  Keliling Persegi
     
Pada gambar KLMN adlah persegi. Sisi-sisinya adalah KL, LM,MN, dan NK. Karena KL=LM=MN=NK, maka keliling KLMN =4 x KL. Jika keliling disebut K dan KL disebut s, maka K= 4 x s =4s


6.  Keliling Trapesium
   
Pada gambar DEFG adalah trapesium. Sisi-sisinya adalah DE, EF, FG, dan GD. Keliling DEFG = DE+EF+FG+GD. Jika keliling disebut K, maka K=DE+EF+FG+GD.

  

7. Keliling Layang-layang





    Luas
Pada bagian luas ini, kamu akan mempelajari luas persegi panjang, persegi, segitiga, jajargenjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang.
    1. Luas Persegi Panjang
Perhatikan gambar 2.1 ! Persegi Panjang tersebut ditutup oleh 3 kolom persegi panjang dan 2 baris persegi satuan. Luas persegi panjang adalah 6 persegi satuan. Besar luas ini selain dapat dihitung langsung dengan banyaknya persegi satuan, dapat dihitung pula dengan mengalikan banyaknya kolom dan baris persegi satuan,yaitu
              
    Banyaknya kolom persegi satuan mewakili panjang dari persegi panjang. Banyaknya baris persegi panjang satuan mewakili lebar dari persegi panjang. Berarti luas persegi panjang adalah panjang dikalikan lebar
Luas persegi panjang ABCD    = panjang x Lebar
                    = p x l
                    = AB X BC



   2.  Luas Persegi
Dari uraian terdahulu, kamu telah mengetahui bahwa persegi adalah persegi panjang tetapi dengan ukuran panjang dan lebar yang sama. Berarti cara mencri luas persegi sama dengan mencari luas persegi panjang.
Luas Persegi    =  S X S
            =  S2




  3. Luas Belah Ketupat
    
Perhatikan gambar diatas !
Persegi panjang PQRS dibentuk oleh ∆1, ∆2, ∆3, ∆4, dan belah ketupat ABCD. Luas ∆1 sampai dengan∆8 adalah sama besar sehingga luas PQRS =8 x luas ∆1.
Belah Ketupat ABCD dibentuk oleh ∆5, ∆6, ∆7, dan ∆8.
Luas ABCD        = 4 x luas ∆5
                = 4 x luas ∆1
Karena luas PQRS    = 8 x luas ∆1
Maka luas ABCD    = 1/2×luas PQRS
                                      = 1/2×PQ ×QR
                                      = 1/2×AC ×BD   



   4.  Luas Segitiga
Jika anda ingin mencari luas segitiga intinya anda harus mengetahui panjang alas dan tinggi segitiga tersebut. Yang dimaksud dengan alas adalah panjang bagian bawah segitiga jika segitiga tersebut ditegakkan dengan sudut siku 90 derajat. Tinggi segitiga adalah panjang bagian sisi tegak lurus 90 derajat terhadap alas. Secara umum rumus luas segitiga adalah 1/2 x alas x tinggi. Untuk beberapa jenis segitiga lain maka rumus umum tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut.


                   

Dari segitiga siku-siku di atas maka yang dimaksud dengan sisi alas adalah b, tinggi adalah a dan sisi miring adalah c. Maka persamaan dari rumus segitiga di atas adalah

Dik :
a = sisi tinggi
b = sisi alas
c = sisi miring

Dit : L (luas segitiga) ?

Maka,
L = 1/2 a b

Ingat rumus luas segitiga di atas hanya berlaku jika segitiga mempunyai sudut siku-siku ( 90 derajat ). Perhatikan bentuk segitiga di atas dan coba amati persamaan rumusnya. Jika anda jeli maka anda dapat menarik kesimpulan bahwasanya utntuk mencari luas segitiga siku seperti di atas sama halnya dengan mencari setengah luas dari empat persegi panjang. Anggap saja panjang dari empat persegi panjang tersebut adalah b dan lebar adalah a, luas persegi panjang adalah a x b. Karena segitiga tersebut adalah mempunyai luas sebesar setengah kali dari luas persegi panjang maka didapatlah formula 1/2 x alas x tinggi.



Tiada ulasan:

Catat Ulasan